Sistem Pendidikan

Program pendidikan akademik yang diselenggarakan Fakultas Ekonomi Universitas Malikussaleh meliputi: (1) Program Strata Nol (S0) yaitu Program Diploma Kesekretariatan, (2) Program Sarjana (S1) Regular, meliputi Jurusan Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Studi Pembangunan, dan Program kosentrasi khusus Manajemen Bisnis yang berada dibawah Jurusan Manajemen dan (3) Program Strata Dua (S2) yaitu Program Pascasarjana Ilmu Manajemen.

Di masa mendatang, Fakultas Ekonomi akan terus berusaha mengembangkan berbagai program baik yang bersifat akademik maupun yang bersifat professional termasuk membuka beberapa program strata satu, program diploma yang lainnya dan program pascasarjana.

Program Diploma Tiga (D-III) adalah jenjang pendidikan SO yang mempunyai beban studi antara 110-120 sks dengan lama studi maksimal 10 semester.

Program Strata Satu (S1) reguler adalah jenjang pendidikan yang mempunyai beban studi antara 144-160 sks dengan lama studi maksimal 14 semester.

Program Strata Dua (S2) reguler adalah jenjang pendidikan yang mempunyai beban studi antara 44-57 sks dengan lama studi maksimal 8 semester.

Mulai tahun 2005, Fakultas Ekonomi Universitas Malikussaleh melakukan kerjasama pembukaan kelas Program Strata Dua (S2) Magister Manajemen (MM) dan Magister Sain (M. Si) Ilmu Ekonomi dengan PPs Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Kerjasama ini diharapkan dapat menjadi cikal bakal program Strata Dua (S2) Fakultas Ekonomi Universitas Malikussaleh di masa mendatang. Dan melalui Program Aliansi yang dicanangkan DIKTI sejak tahun 2009, Fakultas Ekonomi telah membuka Program S2 Ilmu Manajemen dengan Universitas Indonesia sebagai universitas pembina.