Berita

Aug 02, 2009

Unimal Juara Umum MTQ Mahasiswa XI

LHOKSEUMAWE – Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) XI Mahasiswa yang dimulai sejak 27 Juli lalu, Sabtu (1/8) kemarin berakhir. Sementara Universitas Malikussaleh (Unimal) Lhokseumawe selaku tuan rumah, keluar sebagai juara umum. Unimal berhasil merebut Piala Bergilir Juara umum yang tahun 2007 sebelumnya di tangan kafilah Universitas Jambi, setelah dalam MTQ yang berlangsung di Reuleut mampu mengumpulkan skor tertinggi 23. Selain merebut dua Juara I di cabang Qariah oleh Faisal dan Hafiz dua juz oleh Tasyukur, Unimal juga berhasil merebut empat Juara II dan juara III.

Dalam mensukseskan MTQN Mahasiswa tersebut, sebanyak 94 dewan hakim dikirim dari LPTQ Jakarta dan berbagai daerah, tidak ada hakim dari Aceh. Ketua Dewan Hakim dipercayakan H Djawahir Tanthowi dengan Sekretaris Hakim H Fahmy Lukman juga dari LPTQ Jakarta. Selain memilih qari/qariah terbaik, Dewan Hakim juga menetapkan peserta yang masuk dalam 10 besar.

Dalam arena di Kampus Unimal Desa Reuleut sejak (27/7) lalu, Unimal dengan menurunkan 25 peserta dari 11 cabang yang diperlombakan, memang dibayang bayangi Universitas Pendidikan Indonesia. Selain itu juga Universitas Andalas Padang, Universitas Negeri Medan dan Universitas Islam Negeri Jakarta. Namun, atas kesiapan peserta Unimal yang diletih sejak setengah tahun lalu, berhasil merebut juara satu dan juara terbaik dua terbanyak.

Keberhasilan Unimal Lhokseumawe, meraih skor tertinggi melalui perjuangan Faisal dari cabang Qira’ah Saba’ah, dengan skor 60,63 dan pada cabang Hifzil Quran diwakili Tasyakur, dengan nilai 97,33. Sedangkan Juara II pada cabang Tartil Quran adalah Muhammad Anwar dengan nilai 94. Posisi kedua lainnya direbut Unimal pada cabang Syahril Quran oleh Munawar dengan nilai 81,92 dan pada cabang Khattil Quran, diwakili Fakhrullah dengan nilai 645, dan Khattam Quran diwakili oleh Irma Juwita dengan nilai 650. Sementara cabang Qiraah Sabaah putri, posisi ketiga, yakni Ainol Mardhiah dengan nilai 56,25.

Sementara Rektor Unimal Prof A Hadi Arifin didampingi beberapa Purek Akmal SSos, Bachtiar dan lainnya kepada wartawan usai menyerah Piala bergilir dan menutup MTQ mengatakan, keberhasilan Unimal bukan karena MTQ digelar di Unimal. “Di samping jumlah pesertanya yang banyak, kita juga sudah mempersiapkan qari/qariah yang akan diikutkan dalam MTQN Mahasiswa ini secara matang sejak dua tahun lalu,” katanya.

Dikatakannya, upaya merebut juara umum MTQN Mahasiswa ini sangat gampang, kata A Hadi A Rifin, apalagi dengan persiapan yang matang. Namun, untuk mempertahankannya tentu bukanlah perkara mudah. Terlebih ke depan nanti tantangannya akan semakin berat. “Karena itu, upaya mempertahankan juara umum ini harus dipersiapkan mulai sekarang,” tandas Rektor A Hadi Arifin.

Sementara itu, dalam acara penutupan MTQ XI kemarin, juga diumumkan sekaligus serahterima perencenaan MTQN XII Mahasiswa se Indonesia akan digelar pada dua tahun mendatang (2011) di Universitas Muslim Indonesia Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Ketentuan tersebut merupakan hasil rapat yang dihadiri 80 Purek-3 se Indonesia yang berlangsung (28/7) di Kampus Unimal Lhokseumawe.(ib)

Penetapan Juara 10 Besar
1. Universitas Malikussaleh (Unimal) Skor 23
2. Universitas Pendidikan Indonesia Skor 20
3. Universitas Andalas Padang (Unand) Skor 17
4. Universitas Islam Negeri Jakarta Skor 11
5. Universitas Negeri Medan (Unimed) Skor 10
6. Universitas Mataram Skor 10
7. Universitas Padjadjaran (Unpad) Skor 9
8. Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Skor 6
9. Institut Pertanian Bogor (IPB) Skor 5
10. IAIN Sumatera Utara Skor 5

Sumber: Serambinews.com