Berita

Dec 15, 2015

Unimal Aceh Utara Buka Program Doktor

Lhokseumawe (ANTARA Aceh) – Universitas Malikussaleh (Unimal) Lhokseumawe, Provinsi Aceh, membuka program doktor (S3) yang bekerjasama dengan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

Rektor Unimal Prof Dr Apridar di Lhokseumawe, Selasa mengatakan, pihaknya telah menandatanggani perjanjian kerjasama pembukaan doktor dengan Universitas Diponegoro.

“Tadi sudah dilakukan penandatangganan kerjasama pembukaan program doktor dengan Rektor Undip Prof Dr Yos Johan Utama, semoga kegiatan proses belajar dan mengajar program itu bisa berjalan dengan lancar,” ujar Apridar.

Apridar menambahkan, program doktoral yang dibuka untuk tahap awal yaitu program doktor Administrasi Publik, Ekonomi, dan Ilmu Hukum, sedangkan tahap lanjutan akan dibuka program doktoral Ilmu Komunikasi dan Teknik Sipil.

Nantinya, Universitas Diponegoro akan memberikan kontribusi sebagai tenaga pengajar di program doktoral tersebut dan sebagian dari dosen di Unimal yang telah memenuhi syarat juga menjadi tenaga pengajar.

“Secara umum dosen di Unimal telah memenuhi syarat, apalagi sebagiannya telah menjadi profesor dan doktor. Namun jumlahnya masih terbatas, sehingga kita bekerjasama dengan Undip untuk tambahan tenaga pengajar,” tutur Apridar.

Tambahnya, Unimal akan memperbanyak kerjasama di bidang riset, sesuai kebijakan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Diharapkan, riset dosen tersebut inovatif dan bisa membantu pembangunan di wilayah Aceh.

Segala hasil riset tersebut bisa diaplikasikan di tengah masyarakat dan hal tersebut sangat penting, karena untuk membuktikan bahwa Provinsi Aceh siap menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

“Perdagangan bebas sudah di depan mata, maka kita semua harus mampu mempersiapkan diri dan mampu bersaing dengan negara-negara lain,” ungkap Apridar.

Untuk diketahui, tahun ini Unimal sudah bekerjasama dengan Chung Hua University Taiwan, Marbugh University dan United Nation University Jerman, dan University Kebangsaan Malaysia, ungkap Apridar.

//aceh.antaranews.com/berita/28036/unimal-aceh-utara-buka-program-doktor