Berita

Dec 23, 2017

Melatih Generasi Milenial di Lhokseumawe untuk Berwirausaha

Mahasiswa memamerkan produk dalam acara Entrepreneur Day di halaman parkir Universitas Malikussaleh (Unimal) Lhokseumawe, Kamis (21/12/2017).(Kompas.com/Masriadi)

Suasana ramai tampak di halaman parkir kampus Universitas Malikussaleh (Unimal) di Kompleks Bukit Indah, Desa Blang Pulo, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, Kamis (21/12/2017).

Puluhan tenda berjejer di halaman parkir di sisi kanan gerbang utama kampus itu. Di sana, para generasi milenial, mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai fakultas berkumpul. Mereka membuka gerai dan menawarkan aneka jajanan hingga produk jadi.

Ada yang menjual aneka kopi, aneka kue, nasi goreng, hingga minyak atsiri dan minyak nilam pun tersedia. Produk itu sebagian telah berbadan usaha, semisal perusahaan terbatas atau CV.

“Silakan dibeli kopinya, Pak. Kami siap menjual dalam jumlah besar,” sebut seorang mahasiswa menyapa pengunjung. Pengunjung pun berdatangan dari dalam dan luar kampus itu.

Acara yang diinisiasi oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unimal itu digelar rutin satu hari dalam setahun. Tujuannya untuk melatih generasi muda berwirausaha.

“Dari tahun ke tahun pesertanya terus bertambah. Ini ada 27 stan dari dalam dan luar kampus,” terang Dekan FEB Unimal, Wahyuddin Albra.

Sementara itu, Rektor Unimal Prof Apridar menyatakan, kampus itu ingin mendidik generasi muda sebagai pencipta lapangan kerja. Cara termudah yaitu melatih mereka berwirausaha.

“Jangan sampai terpaku dan berharap lulus menjadi pegawai negeri sipil. Kami ingin lebih dari itu, menjadikan mereka wirausaha dan membuka lapangan kerja,” ujarnya.

Untuk itu, acara yang diberi nama Entrepreneur Day itu pun dihelat saban tahun.

“Ke depan, kami ajak agar semakin ramai lagi. Inilah bisnis sesungguhnya dan ini realitasnya. Dosen siap mendampingi mereka (mahasiswa) hingga usahanya berhasil,” ucap Apridar.

http://regional.kompas.com/read/2017/12/22/11005701/melatih-generasi-milenial-di-lhokseumawe-untuk-b