Berita

Aug 19, 2011

Mahasiswa FE-Unimal Wajib TOEFL

AcehVoice – Lhokseumawe: MAHASISWA semua Program Studi dalam lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas Malikussaleh Lhokseumawe (Unimal) mulai tahun 2012 diwajibkan mengikuti ujian TOEFL untuk bisa mengikuti ujian skripsi. Syarat yang sama juga berlaku bagi mahasiswa Program Pascasarjana Ilmu Manajemen (PPIM).

Dekan Fakultas Ekonomi Unimal, Wahyuddin Albra, mengatakan khusus untuk mahasiswa prodi S1 syarat minimal harus lulus TOEFL 400 agar bisa mengikuti ujian skripsi. Sedangkan bagi mahasiswa S-2 PPIM, syarat minimal adalah 450. “Ujian TOEFL kami laksanakan tanggal 15 setiap bulan. Meski pesertanya satu orang, ujian tetap digelar karena sudah menjadi program rutin,” ungkap Wahyuddin Albra, Jumat (19/8/2011).

Mulai semester Ganjil 2011/2012, Prodi Akuntansi sudah memulai melakukan uji coba test Toefl dan kompetensi memiliki kemampuan minimal menyusul laporan keuangan. Menurut Wahyu, ujian skripsi hanya untuk mempertahankan hasil penelitian, sedangkan ujian komprehensif untuk mengukur kompetenasi mahasiswa bersangkutan. “Di perguruan tinggi lain sudah lama diberlakukan,” kata Wahyuddin yang didampingi Iswadi, seorang tenaga pengajar di FE Unimal.

Ditanya, mengapa baru di Akuntansi diberlakukan persyaratan demikian, Wahyuddin mengatakan untuk ke depan hal tersebut akan berlaku di semua program studi. Jumlah mahasiswa FE Unimal saat ini 3.500 orang yang terdiri dari lima program studi. Berbagai pembenahan kini dilakukan untuk meningkatkan kualitas mahasiswa dan tenaga pengajar. [ayi]