Berita

Jul 25, 2012

Mahasiswa Baru FE Unimal Dites Baca Alquran Dan TOEFL

Sebagaimana biasanya setiap tahun ajaran baru, seluruh mahasiswa baru Fakultas Ekonomi (FE) Unimal akan dilakukan uji baca Alquran dan TOEFL Bahasa Inggris. Demikian rilis yang diterima WartaAceh.com pada Selasa (24/7/2012) siang.

Pembantu Dekan Bidang Akademik FE Unimal, Khairil Anwar SE MSi, kegiatan uji kemampuan baca Alquran ini merupakan proses seleksi awal bagi mahasiswa baru untuk kegiatan Program Pendampingan Matakuliah Agama (P3MA) selama setahun kedepan sebelum mahasiswa tesebut mengambil mata kuliah agama nantinya.

“Kegiatan ini sifatnya wajib bagi seluruh mahasiswa baru, karena setelah lulus dari program ini mahasiswa baru dibolehkan mengambil matakuliah agama dan juga ujian skripsinya. Begitu juga dengan tes TOEFL, kita berharap melalui kegiatan ini akan dapat mengetahui kemampuan dasar mahasiswa baik dalam membaca Alquran maupun bahasa Inggris,” sebutnya.

Kegiatan P3MA sendiri dilaksanakan oleh kakak leting ini selain akan mengajarkan bagaimana cara mebaca alquran juga akan diajarkan berbagai kegiatan ibadah dan praktek-praktek fardhu kifayah lainnya.

Sementara itu, Ketua Program Pendampingan Matakuliah Agama (P3MA) FE Unimal, Aulia, mengatakan, untuk tahun ini kegiatan uji kemampuan baca Alquran akan dipusatkan di mushalla Al Kausar Kampus Bukit Indah, setiap hari kerja sebelum mahasiswa baru mengisi KRS.

“Untuk mengikuti kegiatan tesebut mahasiswa baru agar dapat mendaftarkan diri ke mushalla Al Kausar dengan mengisi formulir dan membayar biaya infaq sebesar Rp 50 ribu. Kegiatan bimbingan membaca Alquran akan dilakukan setiap hari di kampus yang akan disesuakan dengan jadwal kuliah,” terang Aulia.

Sedangkan untuk mengikuti tes TOEFL mahasiswa juga dapat segera mendaftarkan diri di Laboratorium Bahasa FE Unimal dengan membayar biaya Rp 50 ribu dan jadwal tes akan diumumkan kemudian.[]

Editor: Deddy Satria
Sumber: Warta Aceh