Berita

Sep 09, 2011

Mahasiswa Baru Dites Baca Al-Quran

AcehVoice – Lhokseumawe: JUMLAH mahasiswa baru Fakultas Ekonomi Universitas Malikussaleh Lhokseumawe harus menjalani tes mampu baca Al-Quran. Persentase jumlah mahasiswa yang mampu membaca ayat suci Al-Quran tahun ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

Hal itu disampaikan Ketua Program Pendampingan dan Pengembangan Matakuliah Agama (P3MA), Tgk Munawir, dalam sambutannya di Gedung ACC Unimal, Sabtu (9/9/2011). Menurutnya, tahun lalu sebanyak 47 persen mahasiswa baru tidak mampu membaca Al-Quran. Sedangkan tahun ini menurun menjadi 39,7 persen. “Kita harapkan tahun depan bisa menurun lagi sampai akhirnya tidak ada mahasiswa yang tidak mampu membaca Al-Quran,” ujar Tgk Munawir.

Menurut Dekan Fakultas FE Unimal, Wahyuddin Albra, P3MA merupakan program non-SKS sebagai syarat pengambilan mata kuliah semester depan sehingga diharapkan tidak ada mahasiswa yang tidak lulus dari program tersebut.

Koordinator P3MA, Nurlela, selain mengajarkan cara membaca Al-Quran kepada mahasiswa baru, juga dilakukan mentoring ilmu keagamaan kepada semua peserta. “Pengasuhnya bukan hanya tenaga pengajar di Unimal, tetapi juga para alim ulama di Lhokseumawe dan Aceh Utara,” ujar Nurlela. [ayi]