Berita

Sep 08, 2014

Lounching Program P3MA FE Unimal TA 2014/2015

Program Pendampingan Pendidikan Mata Kuliah Agama (P3MA) Angkatan XII Khusus untuk Mahasiswa FE Unimal secara resmi dimulai Tanggal 8 September 2014. Lounching kegiatan ini dilakukan oleh Dekan FE Unimal di Gedung ACC Cunda Lhokseumawe, dalam laporan pelaksaanaan kegiatan ini ketua P3MA FE Unimal Zulham melaporkan, bahwa kegiatan ini tahun ini masih dititik beratkan pada proses agar mahasiswa mampu membaca Al Quran dengan baik dan benar. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa baru yang berjumlah 940 orang dan mahasiswa lama yg belum mengikuti program ini sebanyak 67 orang dari semua jurusan.

Kegiatan P3MA tahun ini selain memfokuskan diri pada proses pembelajaran membaca Al Quran bagi mahasiswa yang terjaring saat mengikuti screaning test beberapa waktu lalu, bagi mahasiswa yang telah lulus screaning akan ikut kegiatan mentoring berupa diskusi dan ceramah agama serta praktek-praktek kegiatan ibadah lainnya. Ibu Nurlela, SE selaku Koordinator Program ini menyebutkan dibandingkan tahun lalu jumlah peserta tahun ini jauh lebih banyak, hal ini mungkin karena program ini telah menjadi prasyarat secara resmi bagi mata kuliah Agama di dalam sistem akademik online, “jadi mahasiswa yang tidak lulus P3MA, tidak akan bisa mengambil mata kuliah Agama pada semester genap nanti”.

Kendala utama program ini seperti tahun-tahun sebelumnya adalah pada kesiapan peserta yang mengikuti proses belajar mengaji ini, umumnya mereka belum disiplin dalam mengikuti kelas dan proses pembelajaran mandiri oleh mahasiswa sendiri, terutama mahasiswa yang belum mampu membaca Al Quran. “Kalau berharap dari kegiatan ini 100% tentu mahasiswa tidak akan mampu lulus dengan sempurna, ujar Zulham.**Y