Berita

May 04, 2011

FE Unimal Buka Jurusan Baru

Wahyuddin, Dekan FE Unimal | Foto: AW

LHOKSEUMAWE – Tahun ini, Fakultas Ekonomi Uiversitas Malikussaleh (Unimal) membuka jurusan baru, Manajemen Bisnis dan Ekonomi Islam.

Hal tersebut disampaikan Dekan Fakultas Ekonomi Unimal, Wahyuddin, SE, MSi Ak kepada Atjeh Post di Lhokseumawe, Selasa (03/05). “Penerimaannya melalui SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru) lokal,” ujarnya.

SPMB lokal tersebut akan dilaksanakan setelah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2011 yang berlangsung serentak di seluruh Indonesia pada Juni mendatang.

Menurut Wahyuddin, pembukaan jurusan baru di FE Unimal merupakan upaya memberikan kesempatan luas bagi warga atau siswa untuk mendapat pendidikan yang lebih tinggi di Aceh Utara dan Lhokseumawe khususnya.

Lainnya adalah sesuai dengan konsep entrepreneurship –kewiraswastaan- yang sedang digalakan kementrian pendidikan. Mengingat peluang di sektor formal yang semakin sulit. “Alumni nantinya lebih berjiwa entrepreneurship,” kata Wahyuddin.

Pihak Fakultas Ekonomi Unimal juga menilai bahwa ilmu manajemen ekonomi Islam semakin dibutuhkan, mengingat konsep ekonomi syariah yang semakin berkembang di Indonesia dan Aceh khususnya. Seperti halnya pertumbuhan perbankan syariah, hal ini membuka kesempatan kerja yang luas bagi alumni jurusan tersebut.

Jurusan Manajemen Bisnis dan Ekonomi Islam itu menjadi jurusan pertama pada perguruan tinggi di Sumatera. Sebelumnya, FE Unimal mempunyai tiga jurusan; akuntansi, manajemen dan ekonomi pembangunan, plus satu prodi D-3 Kesekretariatan. Jurusan manajemen dan D-3 Kesekretariatan saat ini sudah mengantongi akreditasi B. “Jumlah mahasiswa kami secara keseluruhan sebanyak 2.006 orang,” kata Wahyuddin.

Sumber: Atjehpost.com